Senin, 25 April 2016

Temukan Sumber Ide di Sini


Pepatah mengatakan pengalaman merupakan hal yang berharga, memang begitu adanya. Keberhargaan pengalaman itu ternyata bisa menjadi salah satu sumber ide dalam menulis novel, cerpen, artikel, essai atau apa saja.

Merasa tidak memiliki inspirasi dijadikan alasan mengapa menulis menjadi hal yang begitu sulit. Padahal untuk menjadi penulis atau hanya sekedar menulis haruslah memiliki kepekaan. Rasakan dan amati kejadian untuk dijadikan sebagai ide tulisan. Ide-ide untuk dijadikan tulisan sebenarnya ada di sekitar, tinggal bagaimana kita bisa menangkapnya.

Pengalaman Sendiri
Sedatar-datarnya hidup seorang manusia, pasti memiliki pengalaman yang menarik untuk diangkat dan dibagikan kepada orang lain. Sebenarnya manusia memang diciptakan berbeda dan unik. Jangan ragu untuk membagi pengalam pribadi untuk dijadikan sebagai bahan ide untuk tulisan. Pengalaman terjebak dalam rumah angker, ditolak pujaan hati, atau merasa terpuruk pada keadaan bisa menjadi ide cerita yang baik. Tinggal bagaimana dikemas dan diolah menjadi sesuatu yang dramatis. Mulai sekarang ingat-ingat kejadian yang pernah kalian alami selama menjalani hidup.

Pengalaman Orang Lain
Tidak usah jauh-jauh mencari ide cerita. Pastinya kalian memiliki teman dan tentu teman kalian pernah berbagi kisah hidup mereka. Jangan sepelekan atau lupakan kisan teman kalian. Nyatanya pengalaman hidup orang lain bisa dijadikan sebagai ide tulisan. Pastikan jika memang ingin menjadikan teman sebagai insiprasi ide, perlu izin dulu kepada empu yang punya pengalaman hidup.

Peristiwa Alam
Baru-baru ini Indonesia menjadi tuan rumah dari peristiwa alam gerhana matahari total. Fenomena alam itu menjadi langka dan jarang ditemukan. Jika memang peka tentunya peritiwa alam tersebut bisa menjadi bahan ide tulisan untuk cerpen, artikel, bahkan novel sekalipun.
Jangan pula sepelekan jika menilhat hewan-hewan disekitar kita berperilaku di luar kebiasaan, itu juga bisa menjadi ide tulisan. Ide tulisan bisa datang dari hal-hal gila dan di luar batas sekalipun.

Perasaan  
Manusia memiliki lima emosi dasar, yakni sedih, senang, marah, takut, dan malu. Ketika hati dilanda emosi-emosi itu, tentu bisa mendatangkan insiprasi ide tulisan. Terutama bila yang muncul berupa emosi sedih. Manusia cenderung bisa lebih kreatif bila berada pada emosi sedih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar