Senin, 18 April 2016

Pertegas Provinsi Literasi dengan Gerakan 1000 Guru Menulis


Sebagai bentuk penegasan DKI Jakarta sebagai provinsi literasi, Sabtu (16/4) Forum Literasi Jakarta mengadakan Gerakan 1000 Guru Menulis. Acara tersebut diselenggarakan di Gedung F, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan.
Berdasarkan keterangan Habe Arifin, Sekertaris Forum Literasi Jakarta, kegiatan ini menjadi salah satu cara implementasi program DKI Jakarta yang telah mendeklarasikan diri sebagai Provinsi Literas beberapa waktu lalu.
"Gerakan 1000 Guru Menulis ini menjadi bagian penting untuk mencapai target satu juta tulisan tersebut hingga akhir 2016," ungkap Habe kepada wartawan di sela acara Gerakan 1000 Guru Menulis.
Sejauh ini, Habe memandang, Indonesia selalu mendapatkan peringkat buruk dalam berbagai survei kemampuan membaca di antara banyak negara di dunia. Kondisi tersebut tentu sangat disayangkan dan perlu menjadi perhatian khusus.
Atas kondisi tersebut,  menggerakkan budaya literasi, yakni pada kemampuan membaca dan menulis menjadi salah satu upayanya. Setiap guru dan siswa harus dibiasakan membaca dan menulis di sekolah. Ia melihat pentingnya membaca dalam kehidupan.
Sebelumnya untuk mendukung DKI Jakarta sebagai provinsi literasi telah dilakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di Jakarta. Gerakan 1000 Guru menulis menjadi bagaian kedua setelah kegiatan yang sebelumnya diadakan. Buqu sebagai salah satu sponsor terus memberikan dukungan pada kegiatan Jakarta sebagai provinsi literasi dengan bekerja sama dengan Ikatan Guru Indonesia DKI Jakarta dan Forum Literasi Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar