Kamis, 07 April 2016

Mau Bukumu Tetap Awet, Simak Tips dari Buqu



SahabatBuqu pasti punya buku kesayangan bukan? Bagaimana cara kalian menjaga buku yang kalian sukai. Disimpain begitu saja, dijaga sangat ketat, atau tidak membiarkan orang lain meminjamnya. Menjaga atau merawat buku itu mudah loh bila tahu bagaimana melakukannya. Berikut Buqu akan berbagai cara untuk merawat buku kesayangan kalian. 

Sampul Buku dengan Rapi
Langkal awal dan dasar untuk menjaga buku tetap awet adalah dengan menyampulnya. Sampul dapat membantu buku agar terhindar dari debu. Selain itu, sampul juga berguna mempertahankan kover buku tetap awet.

Menyampul buku juga perlu memperhatikan bahan sampul yang digunakan. Jangan gunakan sampul plastik yang terlalu lengket. Dianjurkan memakai sampul berbahan plastik biasa yang agak tebal atau plastik berbahan doff.  

Tentukan Posisi Meletakan Buku
Posisi dalam meletakan buku juga berpengaruh terhadap keawetan buku. Posisi terbaik meletakan buku dengan mendirikannya, tidak ditidurkan atau bahkan ditumpuk. Meletakan buku secara berdiri dampat membantu menjaga sirkulasi udara di sekitar buku agar tidak lembab.

Jika tempat untuk menyimpan buku lembab bisa mendatangkan masalah. Untuk menjegah udara lembab bisa gunakan silika gel. Udara lembab juga mendatangkan salah satu musuh utama kertas, yakni rayap. Kamper bisa digunakan untuk mencegah datangnya rayap dan bau tidak sedap.

Hindari Melipat dan Menekuk Buku
SahabatBuqu pasti pernah melipat atau menekuk halaman buku untuk menandai batas baca. Mulai sekarang hilangkan kebiasaan tersebut. Karena sekali kalian melipat atau menekuk buku, maka tidak akan kembali seperti semula. Tentunya hal itu akan membuat tampilan buku tidak apik. Pakailah pembatas buku untuk menandai bacaan terakhir yang dilihat, pastinya lebih memudahkan mencari halaman dan menjadikan buku tetap bagus. 

Sesekali Biarkan Buku ‘Bernafas’
Jika SahabatBuqu menyayangi buku kalian tidak musti menyimpannya di dalam lemari saja. Sesekali keluarkan buku dari lemari penyimpanan dan biarkan diletakan di meja yang dileati udara. Sambil dikeluarkan juga bersikan debu yang menempel dengan kemoceng. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar