Selasa, 09 Februari 2016

Tetap Sehat di Saat Musim Hujan


Memasuki awal tahun 2016 beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai diguyur hujan. Setelah beberapa lama rintikan hujan banyak dinantikan orang untuk mengusir keringnya kemarau. Namun, perlu diperhatikan datangnya musim hujan juga tidak selalu membawa berita baik, jika tidak disambut dengan persiapan. Musim penghujan mendatangkan hawa dingin dan banjir yang mengikutinya di beberapa daerah, ini membawa ancaman tersendiri, yakni penyakit.

Penyakit yang timbulkan dari kemunculan musim hujan beragam dan perlu dianggap serius. Hujan bisa mendatangkan penyakit seperti yang disebabkan virus, bakteri dan parasit, serta jamur, kerapkali muncul. Untuk itu, ada beberpa cara yang dapat digunakan untuk tetap menajaga tubuh agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Selalu Menjaga Kebersihan Diri
Menjaga kebersihan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan dengan melakukan hal-hal ringan seperti cuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum makan. Selain itu, meski hawa dingin kerap melanda jangan malas untuk mandi terutama setelah terkena air hujan. Mandi dapat membantu menjaga agar badan tetap terasa segar dan terbebas dari infeksi kuman. Jika takut merasa kedinginan, siasati dengan mandi air hangat.

Menjaga Pola Makan
Penting untuk selalu menjaga asupan makanan ketika musim hujan melanda, terutama jika banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Makan cukup dan teratur dapat membantu untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan tidak kekurangan tenaga. Terlebih, suasana musim hujan juga membuat tubuh cepat lapar. Untuk mensiasatinya konsumsi juga buah dan sayur-sayuran karena kandungan vitamin dan seratnya menjadi antibody untuk tubuh.

Olahraga
Berolah raga juga dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar ketika musim hujan. Faktanya olahraga memang dapat membantu untuk menyehatkan tubuh. Olahraga dapat dilakukan secara sederhana di rumah seperti sit-up, push-up,atau mengangkat benda-benda yang dapat dijadikan beban berolahraga.

Kenakan Alat Penlindung Diri
Saat musim hujan tiba penting untuk melindungi diri dengan menggunakan jaket atau pakaian hangat saat berpergian, sepatu bot jika terjadi banjir, payung, serta topi untuk melindungi kepala dari guyuran air hujan secara langsung. (Buqu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar