Rabu, 03 Februari 2016

Membaca Lebih Mudah dengan Buqu


Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari membaca. Sayangnya belum banyak yang menyadari akan hal ini. Padahal dengan tertanamnya kegemaran membaca maka kualitas dari seorang individu akan menjadi lebih baik. Seperti yang diungkapkan Auguste Comte, “Membaca adalah budaya yang menjadi ukuran kemajuan peradaban suatu bangsa. Semakin tinggi budaya membaca suatu masyarakat, maka semakin tinggi pula taraf peradaban masyarakat tersebut, demikian sebaliknya.” Membaca bahkan tidak hanya berdampak pada individu saja bahkan berpengaruh luas terhadap suatu bangsa. Baik buruknya suatu peradaban bangsa bisa ditentukan dengan masyarakat dan budaya membaca. 

Kini guna mengupayakan membaca sebagai kebiasaan banyak cara dilakukan, salah satunya dengan mengadakan pameran perbukuan. Dalam rangka memenuhinya, awal tahun 2016 tepatnya pada, Jumat (29/1) IKAPI Jabar menggelar Pesta Buku Bandung (Pesbuk). Kegiatan ini rutin dilakukan setiap awal tahun oleh IKAPI daerah Jawa Barat yang bekerja sama dengan Pemprof Jabar dan Pemkot Bandung. Pada kesempatan tersebut IKAPI mengundang berbagai penerbit untuk memamerkan produk-produk mereka. Buqu sebagai platfrom penerbitan dan toko buku digital pun turut ikut ambil bagian. 

Dalam acara tersebut Buqu mencoba memperkenalkan cara baru dalam menikmati sebuah bacaan. Munculnya era digitaliasi bisa menjadi hambatan atau sebuah kemajuan dalam budaya membaca, itu tergantung bagaimana memanfaatkannya. Sejalan dengan perkembangan zaman, Buqu membawa gaya baru dalam budaya membaca dengan menghadirkan perpustakaan digital dan toko buku digital.

Berbeda dengan penerbitan konvensional, Buqu sebagai penyedia ebook menawarkan akses bahan bacaan dengan berbagai keunggulan. Pembaca buku bisa menikmati bacaan tanpa batasan, yang berarti Buqu menawarkan aksesbilitas yang mudah. Pembaca yang memiliki gadget seperti smartphone atau tablet bisa menikmati bacaan melalui perangkat mereka. Cukup mengunduh aplikasi BuquLib di play store dan windows phone, BuquLib bisa langsung dinikmati.

Selain menawarkan kemudahan mengakses buku-buku kepada para pembaca, Buqu juga membantu penerbit konvensional untuk mewadahi produksi ebook. Saat ini saja, Buqu sudah bekerjasama dengan 43 partner penerbit untuk menghadirkan bacaan ebook yang berkualitas

Semakin majunya perkembangan zaman memang dapat mempermudah aktivitas manusia, salah satunya adalah membaca. Hadirnya Buqu memberi tambahan ruang untuk mempermudah menanamkan budaya membaca. Kini, membaca bukan soal apakah konvensiaonal atau pun digital, yang terpenting mau atau tidaknya mengakses sumber bacaan itu sendiri. (Buqu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar