Kamis, 04 Februari 2016

Mengembangkan Intelekualitas Bersama eBook

Setiap tanggal,  2 Februari diperingati sebagai Hari Lahan Basah Sedunia (Word Wetlands Day). Peringatan ini selalu diperingati sebagai aksi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai dan manfaat lahan basah secara umum.  

Sebagai institusi pendidikan tinggi, Universitas Lambung Mengkurat (Unlam) mendukung hari lahan basah dengan mengadakan bedah buku tentang lahan basah. Acara tersebut bertujuan untuk mengembangkan kesadaran arti penting lahan basah sebagai saranan pengembangan intelektualitas dan kegiatan nyata di masyarakat Kota Banjarmasin.


Acara tersebut berlangsung pada, 4-5 Febuari 2016
dengan diisi kegiatan pengenalan eBook yang menyasar kalangan dosen Universitas Lambung Mangkurat dan Pemkot Banjarmasin. Guna mendukung acara, CEO PT. Buqu Global, Erlan Primansyah turut mengisi dalam pengenalan eBook.

Memang saat ini pengguna dan penikmat eBook sudah tidak bisa dianggap sebelah mata. Semakin pesatnya perkembangan teknolgi menjadikan eBook kini mudah, hemat, dan cepat diakses oleh berbagai kalangan. Berdasarkan peluang tersebut, Erlan mengajak untuk memanfaat kemajuan teknolgi ini, khususnya di bidang eBook. Pegguna tidak hanya dituntut untuk sebagai pembaca saja, melainkan diajak untuk menjadi penulis. Ini berarti kemunculan eBook juga berguna untuk menanamkan budaya literasi.   

Sejalan dengan pemanfaatan eBook, sebagai CEO PT. Buqu Global, dia mengenalkan produknya, yakni BuquLib dan BuquStore. Buqu merupakan sebuah platform penerbitan dan toko buku digital. Buqu mencoba menawarkan penjualan dan penyewaan buku secara digital (eBook).

Selain itu, Buqu juga membantu menerbitkan karya-karya secara digital dengan menggandeng penerbit konvensional. Program Buqu seperti ini bisa membantu dikalangan civitas akademik khususnya para dosen yang memiliki karya ilmiah buku untuk membantu menerbitkan secara eBook. Nantinya karya tersebut bisa mudah diakses oleh para mahasiswa bahkan masyarakat umum sekalipun. Erlan juga menegaskan eBook bukanlah substitusi, melainkan komplementer untuk print book.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar