Selasa, 16 Februari 2016

Berbeda Bukan Berarti Tak Sejalan



Abad 21 nampaknya menghadirkan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Hampir seluruh aktivitas kehidupan bersinggungan dengan teknologi. Tidak terkecuali dengan aktivitas membaca buku. Buku yang dianggap sebagai jendela dunia, kini mulai mengikuti arus perkembangan zaman dengan hadirnya eBook. Munculnya buku elektronik menandakan mulai bertambah pilihan dalam membaca buku, selain buku konvensional.

Ebook menjadi alternatif dari buku konvensional. Meskipun begitu, antara buku digital dan buku konvensional sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan. Walau terkadang ada yang beranggapan kedua jenis buku tersebut secara tidak langsung bersaing untuk merebut hati pembaca, nyatanya keduanya mampu berjalan beriringan bahkan saling melengkapi jika mampu menagkap peluang.

Membandingkan kedua buku tersebut mungkin memang tidak akan ada habisnya. Dilihat dari segi kualitas antara buku konvenssional dan digital adalah sama. Hanya saja perbedaan  mencolok dari kedua buku tersebut adalah media untuk membacanya. Intinya keduanya sama-sama buku untuk memberikan informasi dan hiburan.

Namun, untuk buku digital memang diminati karena menawarkan fitur yang lebih praktis. Cukup menggunakan gawai (smartphone dan tablet) buku digital sudah bisa dinikmati dalam berbagai kesempatan. Lain halnya dengan buku konvensional yang juga masih memiliki tempat bagi penikmatnya. Masih banyak yang beranggapan memegang buku fisik lebih terasa membaca buku ketimbang hanya membaca lewat digital saja.

Pilihan untuk membaca buku konvensional dan buku digital dikembalikan kembali kepada pembaca, yang jelas kedua jenis buku tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni melestarikan budaya membaca. Hadirnya eBook bukanlah untuk melemahkan buku konvensional melainkan membantu memperkuat. Buku digital dapat mempertahankan isi dari buku konvensional yang fiskinya mampu hancur termakan usia, dalam hal ini akan ada upaya untuk mempertahankan isi dari sebuah buku. (Buqu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar