Selasa, 08 Maret 2016

Mendapat Pengakuan Bukanlah suatu Kemudahan

Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya. – R. A. Kartini

Singkat, padat, tapi bermakna luas tergambar dari kutipan kata dituangkan R.A Kartini dalam surat-surat yang dikumpulkan dalam sebuah buku Door Duistemis Tot Licht atau lebih dikenal Habis Gelap Terbitlah Terang.

Sebelum pemikiran-pemikiran modern berkembang, menjadi masa yang suram bagi beberama kaum, salah satunya perempuan. Perjuangan mendapatkan kesetaraan hak menjadi hal yang sulit atau bahkan mustahil dilakukan pada waktu itu. Bukan hanya terjadi di Indonesia yang menyebabkan gadis bangsawan Jepara mengalami ketidakadilan gender, tapi di lain belahan dunia juga mengalami hal serupa.

Hal tersebut mendorong kaum perempuan untuk memperbaiki hidup menjadi lebih baik dan munculah Hari Perempaun International. Sayangnya, untuk mendapat pengakuan tersebut bukanlah suatu kemudahan.

Menyelisik ke belakang di mana kaum perempuan dari pabrik garmen di New York City, Amerika Serikat, mengadakan protes atas kondisi kerja yang buruk dan gaji mereka yang rendah dibandingkan dengan pekerja pria. Alih-alih mendapat perbaikan nasib, para buruh garmen perempuan tersebut justru malah mendapat tindakan represif dari kepolisian setempat.

Dua tahun berlalu setelah kejadian itu, para pekerja perempuan membentuk serikat buruh dan memunculkan gagasan menjadikan 8 Maret sebagai Hari Perempuan Internasional. Namun bukan perkarah mudah mendapatkan pengakuan, pada saat itu terjadi pasang surut bahakan Hari Perempuan Internasional tidak dirayakan. Namun, setelah paham feminism semakin genjar dilakukan Hari Perempuan Internasional kembali dirayakan dan di akui oleh PBB pada tahun 1975.   

Mendukung Hari Perempuan Sedunia yang jatuh pada 8 Maret tersebut, Buqu mendukung emansipasi wanita dengan bentuk kode promosi ‘Perempuan’. Ayo segera gunakan kode promosi Perempuan’ untuk mendaftar di BuquLib dan dapatkan lima buku digital secara gratis!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar