Jumat, 18 Maret 2016

Ingin Menjadi Penulis, Lakukan Kebiasaan Berikut

Memiliki hobi menulis atau bahkan bercita-cita menjadi seorang penulis? Penulis memang menjadi profesi yang mulai diperhitungkan sekarang ini. Munculnya nama-nama seperti Tere Liye, Raditya Dika, Dewi Lestari, Bernard Batu Bara, dan penulis lain yang meraih sukses di pasaran kian menginspirasi orang untuk menjadi penulis.

Keuntungan mendapatkan banyak materi, keleluasaan waktu yang ditawarkan dalam bekerja, hingga kesempatan untuk meluapkan kreativitas membuat profesi penulis diperhitungan. Namun, menjadi penulis bukanlah suatu perkara yang mudah. Diperlukan keseriusan dan usaha yang keras karena untuk menjadi penulis tidaklah instan, semua membutuhkan proses.

Dilansir dari Aliventures ada beberapa kebiasaan yang membantu mengembangkan kemampuan dalam menulis.




Membaca
Kebiasaan menulis tumbuh seiring dengan kebiasaan membaca. Bahkan penulis besar sekalipun dipastikan lebih sering membaca ketimbang menulis. Di dalam proses membaca kalian akan mendapatkan gambaran bagaimana sebuah ide atau informasi dapat disampaikan dengan baik kepada khalayak. Dengan membaca, kalian juga akan melihat bagaimana penulis lain mengatasi masalah cerita. Kalian akan dapat belajar bagaimana cara kerja penulis dalam meramu cerita.

Menulis
Untuk menjadi penulis professional, kalian harus menulis.

Menulis dan terus menulis, tanamkan kebiasaan tersebut jika mengingikan menjadi penulis yang profesiaonal. Biasakan dalam sehari luangkan waktu selama 1 jam untuk menulis. Tuliskanlah hal apapun yang ada di benak kalian. Jangan terbatas dengan ide atau ‘pakem-pakem’ dalam menulis.

Belajar

Menjadi penulis harus siap terus membuka wawasan untuk belajar menangkap hal-hal baru yang ada dilingkungan sekitar. Jangan hanya fokus dengan diri sendiri. Menjadi penulis harus peka menangkap setiap peristiwa atau momen di lingkungan karena bisa menjadi bahan pelajaran untuk dijadikan bahan cerita.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar