Rabu, 25 Mei 2016

Inilah Alasan Mengapa Banyak Orang Malas Membaca

Berdasarkan penelitian UNESCO, hanya 1 orang dari 1.000 orang Indonesia yang punya minat baca yang serius. Tidak mengerankan bila dalam kegiatan sehari-hari tidak banyak ditemui orang membaca buku atau surat kabar. Jangankan  membaca, untuk menjumpai orang yang memegangnya pun jarang. Lantas apa yang membuat orang di Indonesia malas membaca.



Tidak Sabar
Membaca ternyata memerlukan kesabaran. Setiap lembar dan kalimat-kalimat di dalam buku menyita waktu untuk membacanya. Terkadang masyarakat Indonesia dibiasakan selalu dengan hal yang instan. Sehingga ketika dihadapi dengan kegiatan membaca mereka merasa tidak sabar. Terlebih jika memiliki kemampuan membaca yang lambat.

Tidak Menyukai Teks
Ternyata bisa saja orang yang tidak suka membaca buku karena terlalu banyak tulisan dan itu membuat otak mereka seakan-akan Langsung dipenuhi dengan berbagai macam informasi dengan tiba-tiba dan itu bisa membuat fisik mereka menjadi lelah dan ingin beristirahat.

Lebih Senang Memlihat Gambar
Terkadang ada orang yang lebih senang dan mudah memahami melihat gambar untuk meyerap informasi ketimbang harus melihat teks. Ketika mereka melihat gambar mereka bisa lebih memahaminya daripada harus membaca sebuah buku dan ternyata orang yang lebih senang melihat gambar itu lebih cenderung cerdas di otak kanannya dan orang yang senang membaca lebih cenderung cerdas otak kirinya.

Tidak Menyukai Isi Buku
Ada pula orang yang malas membaca karena tidak menyukai isi buku di dalamnya. Ketika hal itu terjadi orang yang tadinya suka membaca bisa berubah menjadi malas untuk membaca karena menganggap informasi itu tidak penting bagi dirinya. Orang seperti ini cenderung membaca gal-hal yang disukai saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar